Gowes Lover Nusantara

Beberapa Manfaat Yang Bisa Didapat Dalam Bersepeda Alias Gowes

Gowes Fun n Friendly Bareng Biker POLIJE Cycling Club ke Tempurejo Lintas Bandara Notohadinegoro

Akhir-akhir ini, minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari terus bermunculannya klub ataupun komunitas olahraga bersepeda yang baru.

Avonturbike – Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia dan jenis kelamin.

Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan sejumlah keuntungan dari aktivitas sederhana ini sebagai alat untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini manfaat bersepeda untuk kesehatan:

  1. Bersepeda baik untuk jantung Anda:
    Olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta penurunan risiko penyakit jantung koroner.

  2. Bersepeda baik untuk otot-otot:
    Mengendarai sepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian belakang.

  3. Menjaga ukuran pinggang tetap ideal:
    Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda, terutama ketika harus menggowes lebih cepat daripada biasanya. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

  4. Bersepeda baik untuk koordinasi:
    Aktif menggerakan kedua kaki untuk mengayuh, sementara kedua tangan mengendalikan kemudi merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh Anda.

  5. Baik untuk kesehatan mental dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh:
    Bersepeda telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker tertentu.

Bersepeda Lebih Baik Nyaman dan Asyik di Jalur Tempurejo Melalui Bandara Notohadinegoro
Lokasi Tempurejo.

Baca Juga: Story Gowes, Photo Archive 2016

Selain manfaat untuk kesehatan, bersepeda juga dapat meningkatkan gairah atau semangat dalam beraktivitas yaitu:

  1. Jantung menjadi sehat:
    Dengan besepeda detak jantung akan mengalami peningkatan hingga nafas menjadi berat, itu membuat sirkulasi darah meningkat dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

  2. Badan menjadi kuat:
    bersepeda juga bisa meningkatkan stamina dan memperkuat otot-otot sehingga dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas tubuh.

  3. Terhindar dari obesitas:
    Bersepeda dapat membakar kalori hingga 300 kalori tiap 30 menit. ini terbukti sangat efektif dalam program penurunan berat badan.

  4. Meningkatkan mood:
    Beberapa penelitian menujukkan bahwa bersepeda terbukti efektif dalam mengurangi stres dan depresi. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bantu tingkatkan rasa percaya diri dan buat anda lebih menghargai diri sendiri.

  5. Meningkatkan orgasme:

    Menurut para ahli kesehetan di beberapa negara salah satunya di AS, mengatakan bersepeda dapat meningkatkan kehidupan seks Anda. Menjadi lebih aktif secara fisik meningkatkan kesehatan pembuluh darah, yang memiliki efek meningkatkan gairah seks Anda.

  6. Meningkatkan kebugaran:
    Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan. selain itu membuat badan kita menjadi bugar dan percaya diri meningkat[*].

Baca Juga: Sambil Silaturahmi, Gowes Bareng Biker-Biker POLIJE Cycling Club Lintas Jembatan Bambu Bedadung Wetan

Tetaplah sehat dengan bersepeda, dan semoga artikel di atas bermanfaat bagi yang membaca.

***

Salam Gowes..!

Sumber: Artikel ini dikutip dari situs Tantrasepeda.blogspot:2013.

Gambar: Diambil dari WAG PCC, saat melakukan kegiatan Gowes Fun n' Friendly bareng Biker PCC ke Tempurejo lintas Bandara Notohadinegoro, 03/10/2015.

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.