Gowes Lover Nusantara

Bersepeda Mampu Mengaktifkan Sistem Saraf Otak Lebih Berenergi

Bersama Biker PCC Gowes in Sunday Morning Kampus POLIJE

Telah di update, 21 April 2024

Jaga pikiran Anda dengan baik, melalui latihan dan aktivitas ringan untuk meningkatkan kognisi atau ketajaman otak dan kesehatan Anda!

Avonturbike – Bersepeda, atau lebih dikenal dengan gowes, tidak hanya tentang memproduksi keringat saat mengayuh pedal. Namun, aktivitas bersepeda telah terbukti dapat meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh.

Melansir dari Tampabay.com, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Georgia di Athena telah menemukan bahwa partisipan penelitian yang melakukan latihan sepeda statis (stationary cycling) selama setengah jam mengalami peningkatan energi yang bermakna.

Sementara itu, peneliti juga mencatat adanya kemajuan yang positif pada bagian otak yang terkait dengan pengaturan energi. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengukur menggunakan alat pengukur elektroensefalografi (EEG).

Baca Juga: Beberapa Manfaat Yang Bisa Didapat Dalam Bersepeda Alias Gowes

Menurut Profesor Patrick O'Connor dari University of Georgia, “olahraga bersepeda dapat memicu rangsangan pada sistem saraf otak yang membuat seseorang merasa lebih bertenaga”.

Kate F. Hays, Ph.D., psikolog klinis dan olahraga di Toronto berpendapat, “kita seringkali berpikir bahwa melakukan kegiatan fisik akan membuat kita lelah, tetapi sebenarnya kegiatan fisik justru memberikan energi tambahan dalam kehidupan kita.”.

Untuk memperoleh energi tambahan ini, lakukanlah aktivitas bersepeda dengan kecepatan rendah hingga sedang di sepeda stasioner selama 15 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Menurut Rick Mayo, seorang pelatih sepeda dan pemilik North Point Personal Training di Georgia, disarankan untuk melakukan hal ini. Latihan ini akan memberikan dorongan yang diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan energi secara terus-menerus.

Tidak perlu khawatir jika kita merasa jenuh saat melakukan latihan di pusat kebugaran atau di gym. Berjelajahlah dengan sepeda di luar ruangan. Studi menunjukkan bahwa melakukan kegiatan di luar ruangan memiliki kemampuan yang lebih besar dalam meningkatkan energi dibandingkan dengan kegiatan di dalam ruangan.

Artikel Lain: Quotes Bersepeda Terbaik Untuk Memotivasi Para Gowes Lover, Intip Sederet Kutipan!

Semoga artikel ini bermanfaat.

***

Salam Gowes..!

Sumber Gambar: Diambil dari kegiatan Bersama Biker PCC Gowes in Sunday Morning Kampus POLIJE, 11 Oktober 2015.

Sumber Artikel: Dilansir dari situs Tampabay.com.

Artikel ini sudah diperbaharui pada tanggal, 21 April 2024, oleh Amran.

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.