Gowes Lover Nusantara

Lebih Baik Bersepeda di Pagi Hari, Sore Hari Atau Malam Hari?

Waktu Yang Tepat Bersepeda Alias Gowes Lover Nusantara Indonesian Cycling Blogger

Anda masih bingung, kapan waktu yang terbaik untuk bersepeda? Simak artikel ini sampai selesai ya..!

Avonturbike.com – Dari waktu ke waktu, olahraga fisik yakni bersepeda mulai merebak di segala usia atau kalangan. Hampir setiap pagi di hari Sabtu dan Minggu terlihat para pesepeda sudah mengayuh sepedanya, entah itu sendirian atau dengan keluarga dan atau dengan komunitas/klub gowes. Terkadang juga terlihat rombongan penikmat bersepeda, mengayuh di waktu sore dan juga malam hari.

Baca Juga: Gowes di Jalur Keramaian Kota Sambil Menikmati Kudapan Malam

Lantas kapan waktu terbaik buat bersepeda? Di sadur dari situs Elo.health, bersepeda di sore/malam hari tampaknya sedikit lebih baik untuk kinerja, sedangkan bersepeda di pagi hari mungkin lebih baik untuk menurunkan berat badan, membakar lemak, dan mengendalikan nafsu makan. Tentu saja, jika Anda menyeimbangkan batasan waktu, waktu terbaik untuk bersepeda adalah kapan pun Anda bisa.

Jika Anda ingin menetapkan atau membawa pelatihan Anda ke tingkat berikutnya, penelitian menunjukkan bahwa sore atau malam hari lebih baik untuk kinerja bersepeda, karena kadar glukosa darah dan suhu tubuh inti sedikit lebih tinggi. Yang bersumber pada beberapa jurnal.

Performa dalam bersepeda; Rata-rata waktu bersepeda masih lebih lambat secara signifikan pada pukul 07:30  dibandingkan pada pukul 17:30, setelah waktu pemanasan [Source 📑].

Efek waktu bersepeda; Pengaruh waktu dalam sehari pada pemacuan mungkin lebih menonjol selama time trial (TT), bersepeda jarak pendek [Source 📑].

Baca Juga: Beberapa Manfaat Yang Bisa Didapat Dalam Bersepeda Alias Gowes

Sebaliknya, kortisol dan hormon pertumbuhan secara alami meningkat di pagi hari dan tubuh siap untuk menarik lebih banyak energi dari cadangan lemak. Faktor-faktor ini dapat berkontribusi pada peningkatan penurunan berat badan, kontrol nafsu makan, dan oksidasi lemak. Yang diamati dalam jurnal penelitian.

Efek dari waktu sesi latihan pada penurunan berat badan dan komponen keseimbangan energi; Bahwa melakukan olahraga >250 menit per minggu menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan secara klinis [Source 📑].

Tentu saja, melakukan pekerjaan adalah hal terpenting dalam mencapai tujuan kesehatan dan kinerja Anda. Jadi waktu terbaik untuk bersepeda adalah kapan pun Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukannya.

***

Salam Gowes✋

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.