Gowes Lover Nusantara

[Efek Neurologis] Inilah Yang Terjadi di Otak Kita Saat Bersepeda, Gowes!

[Efek Neurologis] Inilah Yang Terjadi di Otak Kita Saat Bersepeda, Gowes

Bersepeda tidak hanya berkontribusi terhadap kebugaran fisik dengan memperkuat otot, membantu penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung, tetapi juga memiliki efek positif pada pikiran. Penasaran, simak ini sampai selesai ya!

Mari Bersepeda, Kawan – Pernahkah Anda memikirkan dampak bersepeda terhadap otak? Kita semua tahu bahwa bersepeda sangat baik untuk kesehatan fisik kita, namun ternyata bersepeda juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental kita.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengayuh sepeda sebenarnya dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan meningkatkan suasana hati dengan cara yang tidak Anda duga.

Salah satu alasannya adalah efek bersepeda pada sistem endocannabinoid otak. Saat kita melakukan latihan aerobik seperti bersepeda, tubuh kita memproduksi lebih banyak anandamide, zat alami yang mirip dengan bahan aktif dalam ganja.

Baca Juga: Bersepeda Mampu Mengaktifkan Sistem Saraf Otak Lebih Berenergi

Zat ini berinteraksi dengan sistem endocannabinoid, yang bertanggung jawab mengatur perasaan dan pikiran kita. Jadi, saat Anda bersepeda jarak jauh, sistem ini akan aktif, sehingga meningkatkan kebahagiaan dan peningkatan kesehatan mental secara keseluruhan.

Namun manfaat bersepeda tidak berhenti sampai disitu saja. Ini juga terbukti efektif dalam memerangi depresi jangka panjang. Bahkan sedikit olahraga pun dapat berdampak signifikan pada suasana hati Anda.

Saat Anda mulai mengayuh, otak Anda melepaskan serotonin, neurotransmitter yang berperan penting dalam mengatur kebahagiaan, ini juga dikenal sebagai "hormon bahagia". Dan coba tebak? Setelah bersepeda yang memuaskan, tubuh Anda dibanjiri dengan lebih banyak serotonin, membuat Anda tetap bahagia sepanjang hari.

Baca Juga: Lebih Baik Bersepeda di Pagi Hari, Sore Hari Atau Malam Hari?

Dan inilah berita menarik lainnya: bersepeda juga dapat membantu mengatasi ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder). Meskipun belum banyak penelitian mengenai topik ini, banyak penderita ADHD melaporkan bahwa bersepeda membantu mereka mengatasi gejalanya. Faktanya, pendiri Specialized, Mike Sinyard, yang juga menderita ADHD, percaya bahwa bersepeda memiliki dampak positif pada otak.

Jadi, lain kali Anda bersepeda, ingatlah bahwa Anda tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik Anda, tetapi juga memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan otak Anda. Teruslah mengayuh dan nikmati dampak luar biasa bersepeda pada pikiran Anda!

Artikel Lain: Wajib Diperhatikan! Ini Cara Untuk Mengatasi Tangan Kesemutan Saat Bersepeda, Gowes

***

Salam Gowes✋

=:=:=:= 

[FAQ] Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Q: Apakah bersepeda berpengaruh pada otak kita?

A: Ya, bersepeda bisa memberikan efek positif pada otak. Bersepeda secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental, penurunan tingkat stres, dan peningkatan fungsi otak. Aktivitas fisik dan manfaat kardiovaskular dari bersepeda juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan otak secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke otak. Selain itu, bersepeda di luar ruangan dapat memberikan kesempatan untuk terpapar alam dan sinar matahari, yang selanjutnya dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Q: Apa itu efek neurologis?

A: Dari segi kesehatan, efek neurologis terjadi ketika ada kondisi yang mempengaruhi kesehatan otak, sumsum tulang belakang, dan/atau sistem saraf. Dikarenakan pengaturan sistem ini atas pikiran dan tubuh Anda, keadaan neurologis bisa mempengaruhi pola pikir, sensasi, serta interaksi Anda dengan lingkungan. Gangguan neurologis dapat mengenai siapapun, tidak peduli usianya.

Q: Serotin itu apa sih?

A: Dalam ilmu kesehatan, serotonin, juga dikenal sebagai 5-hydroxytryptamine (5-HT) dan ini juga bertindak sebagai hormon. Jadi, serotin adalah neurotransmitter monoamine alami yang membawa sinyal antar sel saraf ke seluruh tubuh Anda. Ini memainkan peran penting dalam berbagai fungsi otak dan tubuh, termasuk stabilisasi suasana hati, kognisi, pembelajaran, memori, dan tidur.

Q: Apakah sistem endocannabinoid (ECS)?

A: Sistem endocannabinoid (ECS) adalah sistem sinyal sel kompleks yang membantu mengatur fungsi tubuh Anda, termasuk tidur dan suasana hati. Ini diidentifikasi pada awal 1990-an oleh para peneliti yang mengeksplorasi THC, sebuah cannabinoid terkenal.
Cannabinoid adalah senyawa yang ditemukan dalam ganja. ECS ada dan aktif di tubuh Anda meskipun Anda tidak menggunakan ganja. Cara kerja ECS ialah sistem endocannabinoid melibatkan tiga komponen inti, yaitu endocannabinoid, reseptor, dan enzim.

Q: Apa yang dimaksud dengan ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder) pada orang dewasa?

A: ADHD, singkatan dalam bahasa Indonesia adalah gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas merupakan suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan otak Anda. Itu dimulai sejak masa kanak-kanak. Meskipun orang-orang pada umumnya dapat mengatasi kondisi ini, banyak yang tidak.
Pada anak-anak, ADHD dapat memengaruhi hal-hal seperti prestasi sekolah dan keterampilan sosial. Hal ini dapat memiliki efek yang sangat mirip pada orang dewasa, mempengaruhi hal-hal seperti kinerja, persahabatan, hubungan dan kesehatan mental.

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.