Gowes Lover Nusantara

Berharap Doorprize di Ajang Funbike Lintas Selatan Pantai Paseban Bersama Goweser Mutiara Cycling Community

Road Trip Fun Bike Lintas Jalur Berpasir Pantai Selatan Kencong

Edisi road trip fun-bike melintasi jalur berpasir pantai... Kami, tim MCC sepakat ikut memeriahkan ajang fun-bike lintas selatan di wilayah Kencong.

Mari Bersepeda, Kawan – Ajang fun-bike tersebut digelar oleh Club Fun Bike Pelangi dengan tema "Fun Bike Lintas Pantai Selatan Kencong". Kegiatan fun-bike tersebut dilaksanakan di lapangan PTP Gunungsari, tepatnya di hari Minggu tanggal 29 Mei 2016.

Rute yang ditempuh sepanjang 25 Km dengan lokasi start dan finish di lapangan PTP Gunungsari, Kencong. Jalur yang dilewati kawasan perkampungan kemudian melintasi pantai Paseban. Dan kembali ke lokasi finish di halaman PTP Gunungsari, Kencong.

Biasanya, track fun-bike yang dilewati jalanan makadam atau jalanan beraspal. Tapi, kali ini track ajang fun-bike nya menarik banget👍, melintasi jalur berpasir pantai.

...Sensasi banget..!

Minggu pagi selepas subuh kami, satu tim meluncur ke daerah Kencong yang tidak jauh dari kota Jember. Berangkat ke Kencong, saat itu kami membawa dua kendaraan yang satu mobil pribadi untuk goweser MCC dan kendaraan yang satunya mobil pickup untuk loading sepeda. Goweser yang berangkat ketika itu berjumlah 7 orang, kebetulan goweser lain pada sibuk.

Baca Juga: Pemanasan, Gowes Bareng Tim Mutiara Cycling Community Melalui Jalur Mumbul Garden

Sesampainya di Kencong, kami/satu tim membawa dua kendaraan tersebut langsung menuju ke lokasi parkiran kendaraan. Yang mana, lahan parkir tersebut tidak jauh dari lokasi diadakan kegiatan fun-bike, persis depan lapangan PTP Gunungsari.

Sepertinya kegiatan fun-bike lintas selatan itu, para panitianya sudah menyiapkan lahan parkir ya. Jadi, setiap peserta fun-bike dari luar Kencong atau kota lain yang datang langsung menuju ke lahan parkir yang sudah disiapkan.

Pagi itu diarea lapangan PTP Gunungsari dipadati oleh para goweser/peserta fun-bike. Yang ikut kegiatan ajang fun-bike tersebut sekitar 2000an peserta dari kalangan masyarakat biasa maupun pekerja/pegawai dan mulai usia muda hingga tua. Yang bernota bene, hobi gowes.

“Untuk meningkatkan kesehatan dengan olah raga bersepeda sekaligus silaturahmi antar bikers/goweser dapat terjalin dengan baik” ujar Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP.

Tepat pukul 07.00 WIB pengibaran bendera start yang melepaskan puluhan/ribuan peserta fun bike oleh Komandan Kodim 0824 Jember. Start depan PTP Gunungsari kemudian kami, peserta fun-bike berbelok ke kanan menuju jalur Selatan.

Baca Juga: Tim Mutiara Cycling Community Gowes Bareng Nirwana Cycling Community Jalur Kebun Renteng

Jalur menuju Pantai Paseban

Jalur yang dilewati saat itu jalanan perkampungan yang tidak seberapa lebar tapi berkontur aspal, dikanan-kiri banyak pohon-pohon rimbun dengan beberapa rumah penduduk dan beberepa kali melewati jalanan berkelok.

Memasuki kawasan pasir-pantai, melewati jalan setapak berkontur pasir pantai dengan tepi kiri-kanan banyak tumbuh-tumbuhan, kami... peserta fun-bike saat melintasi jalanan berpasir pantai tersebut... kami, peserta fun-bike mulai klabakan, ya... TTS. Tuntun-tuntun Sepeda.

Dan bahkan, ...saat itu ada beberapa peserta fun-bike mengalami kerusakan pada sepedanya. Kerusakan sepeda pada beberapa peserta fun-bike ketika itu mudah diatasi sehingga beberapa peserta tersebut dapat melanjutkan rute fun-bike menuju jalanan pasir-pantai, area pantai Paseban.

Baca Juga: Asyiknya, Gowes Lagi ke Wisata Pantai Payangan Bareng Goweser Mutiara Cycling Community

Sensasinya...bersepeda melintasi tepi pantai Paseban

Pantai Paseban merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di wilayah Jember dan sekitarnya. Pantai tersebut memiliki daratan yang landai dengan tepi pantai yang cukup lebar.

Keindahan pantai Paseban sungguh masih alami, dengan bentangan pasir hitam yang cukup luas pun pasirnya yang bersih tanpa ada bebatuan. Sungguh menyenangkan untuk digunakan beraktifitas.

Melintasi tepi pantai dan waktu itu kondisi air lautnya pasang surut, ...kami, peserta fun-bike pun enjoy saja bersepeda, dengan irama kayuhan yang santai sembari menikmati hembusan angin laut yang sepoi-sepoi dengan deburan ombak laut yang gemericik😕

Bermain di pasir pantai Paseban.

Disepanjang area pantai Paseban pun dipenuhi kami, peserta fun-bike, saat kami, peserta fun-bike melewati area tersebut. Kami, peserta fun-bike saat itu sempat berhenti sambil bernarsis disekitar area pantai Paseban tersebut. Selesai jepretan... kami, satu tim pun melanjutkan perjalanan fun-bike.

Menuju ke jalan raya area Paseban sama dengan jalan yang menuju ke Pantai Paseban. Ketika keluar dari pantai Paseban kami, peserta fun-bike pun harus mengantri, menunggu peserta fun-bike yang lain melewati jalanan setapak sampai di jalan raya Paseban.

Baca Juga: Ngadu Untung di Event Fun Bike Wisata Lumajang, Bareng Goweser Mutiara Cycling Community

Barulah peserta yang lain ikut melewati jalanan setapak tersebut. Setelah jalan setapak itu ada gapura, depan gapura jalanan sudah teraspal kemudian pas dititik tersebut merupakan pitstop, tempat untuk penyerahan kupon.

Begitu peserta berada didepan gapura Paseban tersebut, kami/peserta fun-bike langsung menyerahkan kupon undian ke panitia yang berada dilokasi tersebut. Lalu, lanjut mengayuh sepeda mengikuti rute fun-bike, dari gapura membelok ke arah kiri melewati jalanan beraspal.

Menanti Undian Funbike Lintas Selatan

Saatnya mengharap doorpize, ...menunggu dan terus menunggu.

Seusai dari pantai Paseban, kami peserta fun-bike meneruskan perjalanan menuju ke lokasi finish dengan rute yang telah ditentukan. Jalur yang dilalui pinggiran pantai Paseban dengan jalanan mulus-landai, kemudian berbelok ke kanan disalah satu titik.

Lalu melewati jalanan area Kencong yang dibatasi sisi kanan-kiri deretan rumah-rumah penduduk diselingi dengan beberapa pertokoan dan akhirnya tiba di halaman PTP Gunungsari. Sesampainya dilokasi finish, bunyian sound musik dangdut pun mulai terdengar. Menggelegar pokoknya...

...😕😕😕…

Di halaman PTP Gunungsari Kencong pun dipadati para peserta fun-bike. Diarea PTP tersebut halamannya cukup luas dan banyak pepohonan ya… jadi kami peserta fun-bike pun memanfaatkan kondisi/suasana diarea tersebut untuk berteduh dari teriknya matahari. Sambil menunggu undian. Kami, peserta pun dihiburkan penyanyi-penyanyi lokal dengan lagu khas ala koplo dan banyuwangian.

Oh iya…untuk hadiah di ajang fun-bike tersebut menarik banget yaitu Grandprize berupa 1 (satu) ekor sapi limosine, untuk masyarakat umum dan 1 (satu) unit sepeda-motor Yamaha Mio M3 untuk para pelajar/mahasiswa. Kemudian hadiah doorprize sepeda gunung, kulkas dan lainnya.

Yang penting happy...yeah...

Dalam ajang tersebut, pengumuman undian dilakukan selang-seling. Pertama diumumkan untuk undian doorprize, beberapa jenis doorprize selesai musik dangdut mulai menggaung. Seterusnya begitu... sampai ke undian hadiah utama.

Undian demi undian diumumkan, salah satu dari kesekian hadiah beserta doorprizenya, satu tim belum ada yang nyangkut... eheheh...maksudnya kami, satu tim gak ada yang dapet😇😇😇…

mungkin belum waktunya beruntung ya😉😉😉…

Eittsss.... jangan khawatir… walaupun gak dapat hadiahnya kami, satu tim tidak menyerah… malah kami asyik-asyik aja...

...yang penting dapet sehat...bisa keringaten... dan menambah pertemanan penggemar sepeda, pegowes..!

Selesai ajang tersebut, kami tim MCC pun kembali ke Jember. Tidak lupa juga…terima kasih buat kawan-kawan MCC terutama Bung U’ut yang sudah merelakan membawa mobilnya dan Bung Yosi yang telah mentraktir rombongan fun-bike khususnya tim MCC…semoga barokah…Amiiin🙏

"...sampai jumpa di ajang funbike lainnya..."

Essssiiip👍👍👍

***

Happy Fun-Bike👌👌👌

Sumber: Beberapa Gambar diambil dari WAG Mutiara Cycling Community.

Info Funbike: Brosur Funbike Lintas Pantai Selatan Kencong, 29/05/2016

#LatePost

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.